Author Archives: admindesa

Bantuan Sosial RTLH untuk penurunan Kemiskinan

Category : Pembangunan

Kedungjati – Bantuan sosial berupa pembangunan RTLH ( Rumah Tidak Layak Huni ) sudah terealisasi pembangunannya sejumlah 19 rumah sudah diperbaiki dan sudah menjadi rumah layak huni desa Kedungjati,Kec.Bukateja,Kab.Purbalingga.

pemerintah desa Kedungjati memberikan bantuan berupa bantuan perbaikan rumah tidak layak huni di desa Kedungjati.Rumah tidak layak huni ini harus berstandar rumah sehat.Dalam pembangunannya harus mengedepankan rumah berlantai dan memiliki fentilasi jendela rumah

bantuan RTLH 19 rumah tidak layak huni bersumber dari bantuan Kabupaten dana APBD KAB.Purbalingga 6 rumah,Bantuan Provinsi atau Gubernur  3 rumah,Bantuan Aspirasi 5 rumah,Anggaran Dana Desa 2019 5 rumah.

berikut daftar penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)

Dana APBD-KAB

1. Arif Priyanto – Dusun 1 Rt 02/Rw 01

2. Samsudin – Dusun 2 Rt 02/Rw 04

3. Kamto Miarso -Dusun 3 Rt 03/Rw 06

4. Manisah -Dusun 3 Rt 03/rw 05

5. Djaenudin -Dusun 4 Rt 03/Rw 08

6. Suparmin -Dusun 4 Rt 01/Rw 09

Dana bantuan Gubernur/Provinsi :

1. Jaeni – Dusun 1 Rt 03/Rw 01

2. Sansuw Ari – Dusun 2 Rt 03/Rw 03

3. Marsudi – Dusun 3 Rt02/Rw 06

Dana Aspirasi Kab.Purbalingga :

 1. Kamsidi – Dusun 1 Rt 02/Rw 01

2.Sudaryono – Dusun 2 Rt 03/Rw 04

3.Warjim -Dusun 3 Rt 03/Rw 06

4.Sangidah -Dusun 3 Rt 04/Rw 06

5.Warsidi -Dusun 4 Rt 02/Rw 08

Dana Desa RTLH :

1. Sugito – Dusun 1 Rt 01/Rw 02

2. Tuhiroh – Dusun 2 Rt 04/Rw 03

3. Ali Samsudin – Dusun 3 Rt 01/Rw 06

4. Ruwadi – Dusun 4 Rt 03/Rw 08

5. Sakiman – Dusun 4 Rt 02/Rw 08


Sebar Benih Produksi Padi Program Teaching Industry dari UNSOED

Category : Pertanian

Kedungjati – 09/01/2019.Kali ini Desa Kedungjati mendapat program perdana sebar benih dari PT.Mandala Homonangan Sude bekerja sama memproduksi padi program Teaching Industri hasil karya mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman di berikan ke Kelompok Tani GAPOKTAN “SUBUR” Desa Kedungjati,Kecamatan Bukateja,Kabupaten Purbalingga

Tempat penebaran benih dilakukan di lahan Petani GAPOKTAN SUBUR

Ada 8 desa di Kecamatan Bukateja yang akan mendapatkan program padi teaching indutri rice mile unite dari UNSOED dan Desa Kedungjati giliran perdana.Kegiatan ini dimaksudkan untuk sarana pendidikan fakultas pertanian Unsoud maupun para petani – petani se-krasidenan Banyumas.Harapan dari UNSOED nantinya tercipta kerjasama antara petani desa Kedungjati bersama menanam memproduksi gabah faritas inpago UNSOUD 1 yang merupakan persilangan antara padi pandan wangi dan padi gogo beras yang diproduksi sangat putih dan wangi dan harapanya ada peningkatan produktifitas pertanian di Desa Kedungjati

Dari pihak Universitas Jendral Sudirman menuturkan siap menampung hasil beras dari para petani dan harganya pun lebih tinggi dari beras pada umumnya di pasaran gabah yang dijual pun harus sudah siap GKP (Gabah Kering Panen).

Kepala Desa Kedungjati Suwondo, S.Pd. mengucapkan trimakasih atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan untuk masyarakat Desa Kedungjati dan ini merupakan tambahan ilmu bagi Kelompok Tani “SUBUR” GAPOKTAN dalam peningkata mutu padi di Desa Kedungjati


Bantuan Jambanisasi Puskesmas

Category : KESEHATAN

Kedungjati – Kesehatan adalah faktor utama pendukung kegiatan masyarakat dalam kehidupannya sehari-hari, karna di awali dengan hidup sehat dan menjaga kebersihan adalah kunci utama untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera, dalam rangka mewujudkan semua itu PUSKESMAS Bukateja memberikan bantuan berupa Jambanisasi ke warga Desa Kedungjati.

Puskesmas Bukateja yang diwakili Fatimah, mengatakan bahwa pembangunan jamban bagi para warga ini merupakan bagian dari program menuju Indonesia sehat dan bersih, adapun tujuan utamanya untuk membantu menyediakan fasilitas pendukung kesehatan bagi warga yang kurang mampu dan yang belum memiliki jamban. Sehingga dengan adanya pembangunan jamban diwilayah Desa Kedungjati, masyarakat dapat lebih menjaga kesehatan keluarganya,” ujarnya,

Kadus II menyampaikan ucapan terima kasih kepada PUSKESMAS Bukateja yang telah banyak membantu dengan nyata kepada warga masyarakatnya, “semoga hubungan yang terjalin selama ini antara aparat Desa dan masyarakat dengan PUSKESMAS Bukateja bisa lebih ditingkatkan lagi”, imbuhnya.


Dibentuknya PKRT(Paguyuban Ketua RT) Desa Kedungjati

Category : PEMERINTAHAN

Kedungjati – 19/12/2019.Rapat Koordinasi pembentukan Paguyuban Ketua RT atau PKRT Desa Kedungjati telah resmi dibentuk oleh Kepala Desa Kedungjati Suwondo, S.Pd. pada hari kamis 19 Desember 2019 di Ruang Serbaguna Aula Balai Desa Kedungjati.

Pembentukan Paguyuban Ketua RT Desa Kedungjati yang bertujuan untuk memberikan kesejahteraan bagi RT sekaligus mempererat tali silaturahmi antar ketua RT Se-Kedungjati dan nantinya akan ada paguyuban ketua RT Se-Kabupaten Purbalingga.

di tahun 2020 nanti Paguyuban Ketua RT akan menerima insentif tercover BPJS ketenagakerjaan dan gerakan PKRT kabupaten Purbalingga mendapatkan dana hibah

di hari itu juga dibentuknya kepengurusan Paguyuban Ketua RT (PKRT) Desa Kedungjati dengan struktur sebagai berikut

  • Ketua PKRT : Prayogi
  • Wakil ketua PKRT : Budi
  • Sekertaris PKRT : Abdul Aziz
  • Bendahara PKRT : Daryudi

Pelantikan pengambilan sumpah Kepala Dusun II dan Kaur Kepala Urusan tata usaha

Category : PEMERINTAHAN

Kedungjati – Minggu 15 Desember 2019 diselenggarakan Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Dusun II dan Kepala Urusan Tata Usaha Desa Kedungjati yang bertempat di Aula Ruang serbaguna Balai Desa Kedungjati.

acara tersebut dihadiri oleh Camat Bukateja Drs.Harsono,Sekcam Bukateja Purwo Pramono,Kapolsek Bukateja Agus Triono,seluruh lembaga Desa dari BPD,LPMD,PKK,Karang Taruna,dan peserta penjaringa perangkat desa yang kemarin ikut berpartisipasi dalam seleksi perangkat desa.

Kepala Desa Kedungjati Suwondo,S.Pd. dalam sambutanya menuturkan ” selamat bekerja kepada saudara terlantik Aris Triono dan Ghoufron Faozi semoga dapat mengemban amanah serta melaksanakan tugas dengan baik mengedepankan rasa tanggung jawab”

camat Bukateja Drs.Harsono sangat mengapresiasi terselenggaranya Pelantikan dan pengambilan sumpah perangkat desa Kedungjati tersebut merupakan yang pertama pelaksanaanya se-kecamatan Bukateja dibandingkan dengan 13 desa yang berada di Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga

acara berlangsung khitmat dari awal pembukaan hingga sampai akhir.


Tes Penjaringan Perangat Desa Kedungjati

Category : PEMERINTAHAN

Kedungjati – 10/12/2019.Pemerintah Desa Kedungjati melaksanakan tes penjaringan perangkat desa Kedungjati untuk bagian Kepala Urusan Tata Usaha dan Kepala Dusun II yang pelaksanaan tes perangkat di sekolah SMP N 1 Bukateja.

Pada pelaksanaan tes penjaringan kali ini Pemerintah kedungjati merupakan yang tercepat pelaksanaanya se-Kecamatan Bukateja dan dengan antusias peserta yang banyak dengan jumlah peserta penjaringan perangkat desa Kepala Urusan Tata Usaha 35 Peserta dan Kepala Dusun 12 Orang peserta penjaringan.

Penjaringan perangkat kali ini ada dua tahapan tes,yang pertama tes dengan sistem CBT(Computer Based Test) 100 soal dan yang kedua tes praktik komputer.

Dengan mengedepankan sikap trasparansi dihari itu juga langsung di umumkan hasil tes penjaringan perangkat desa Kedungjati dengan hasil

  • Kepala Urusan Tata Usaha & Umum : Aris Triyono dengan Jumlah nilai tertinggi 113
  • Kepala Dusun II : Ghufron Fauzi dengan jumlah nilai tertinggi 113


Pelantika dan Pengambilan Sumpah Panitia Pengisian Perangkat Desa

Category : Uncategorized

Kedungjati – 13/11/2019.pelantikan dan pengambilan sumpah panitia pengisian perangkat desa Desa Kedungjati,Kecamatan Bukateja,Kabupaten Purbalingga yang dilaksanaka di Aula Balai Desa Kedungjati.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Camat Bukateja Drs.Harsono bersama forkompincam,Kepala Desa Suwondo, S.Pd. beserta perangkatnya dan anggota BPD Desa Kedungjati.

Kepala Desa Suwondo, S.Pd mengatakan “semoga seluruh panitia dapat bekerja dengan baik dan mengedepankan rasa tanggung jawab serta bersikap transparansi dan akuntable”

Dalam sambutannya Camat Bukateja Drs.Harsono juga mengungkapkan hal yang serupa “wajib mengedepankan akuntabilitas dalam penyaringan dan penjaringan perangkat di pemerintahan Desa Kedungjati”

Panitia pengisian perangkat Desa Kedungjati beranggotakan 2 dari Pemerintah Desa Kedungjati, 3 dari BPD,dan 4 dari tokoh masyarakat.Dengan itu total seluruh yang menjadi panitia pengisian perangkat desa berjumlah 9 orang.

berikut nama – nama panitianya :

  1. Imawan Taqiudin
  2. Sajuri
  3. Purnomo Setyo Utomo
  4. M. Syaiful Chaq
  5. Sugeng Ariadi
  6. Sajirun
  7. Rina Agus Tiati
  8. Sri Haryati
  9. Saroyo

Semoga dapat menjalankan tugas dan amanat dengan sebaik – baiknya, dan pelaksanaan penyaringan dan penjaringan di Desa Kedungjati berjalan lancar.


Peringatan Maulid Nabi Muhamad dan Peresmian TPQ Fatkhul Huda

Category : Keagamaan

Kedungjati – 30 Oktober 2019. Dalam rangka mempringati Maulid Nabi Muhamad SAW sekaligus bertepatan dengan diresmikannya gedung baru TPQ Fatkhul Huda yang berada di dusun 4 Kalimenur Desa Kedungjati.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh camat Bukateja Drs.Harsono,Kepala Desa Kedungjati Suwondo, S.Pd.,Polsek Bukateja.Dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhamad sekaligus peresmian TPQ mengundang banyak antusias masyarakat sekitar lebih dari 500 orang lebih menghadiri acara tersebut

Camat Bukateja dalam sambutan peresmian gedung TPQ menuturkan ” Mudah – mudahan dengan dibangunya Gedung TPQ ini membawa keberkahan,kemaslahatan bagi warga masyarakat Desa Kedungjati.

Dalam Peringatan Maulid Nabi Muhamad dan Peresmian TPQ di Desa Kedungjati juga diisi tausiyah oleh ustazah Mar’atus Solehah dari Kab.Banjarnegara.Dalam isi tausiyahnya “Arti Maulid NabiKataMauliddberasal dari bahasa Arab yang beratrtilahir, peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw merupakan suatu tradisi yang berkembang setelah Nabi SAW wafat, dengan di peringatinya Maulid Nabi SAW ini yang merupakan suatu wujud ungkapan rasa syukur dan kegembiraan serta penghormatan kepada sang utusan Allah karena berkat jasa beliau ajaran agama islam sampai kepada kita”.




Pelantikan Sekretaris Desa Kedungjati

Category : PEMERINTAHAN

Kedungjati – 18/10/2019 Pelaksanaan pengambilan sumpah dan pelantikan Sekretaris Desa Kedungjati Kecamatan Bukateja yaitu Saudara Agus Yuli Pamujo, Pelantikan dilakukan oleh Kepala Desa Suwondo, S.Pd. Disamping itu, pelantikan dihadiri oleh Camat Bukateja Dr.Harsono
Polsek Bukateja Agus Triyono,Danramil Dr.Cahyadi dan lembaga desa BPD,PKK,LKMD,LPMD,Karang Taruna dan RT/RW se Desa Kedungjati.dilaksanakan di Aula Balai Desa Kedungjati.

Acara Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sekrearis Desa berlangsung dari pukul 13.00 – 16.00 WIB, di mulai dari menyayikan lagu Indonesia Raya, prosesi pembacaan surat keputusan, pengambilan sumpah jabatan,penandatanganan berita acara serta berita acara pengambilan sumpah jabatan, pelantikan, penyerahan surat keputusan, serah terima jabatan, penandatanganan berita acara serah terima jabatan dan pembacaan do’a.

Kemudian dalam sambutannya Camat Bukateja Dr.Harsono,berpesan kepada Sekretaris Desa terlantik selalu bertanggungjawab untuk tugas dan kewajiban. Serta merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi dalam setiap program kegiatan desa

Kepala Desa Kedungjati dalam sambutannya mengatakan bahwa bekerja di Desa adalah pengabdian dengan tulus dan ikhlas bukan mencari kekayaan,”Pungkasnya. Kemudian sebelum acara di akhiri dengan memberikan selamat jabat tangan kepada Sekretaris Desa difinitif Agus Yuli Pamujo.

Pelantikan dan pengambilan Sekretaris Desa Berjalan dengan khidmat dan lancar,


Musyawarah Desa RKPDes tahun anggaran 2020

Category : PEMERINTAHAN

Kedungjati – 16/10/2019.Dalam Rangka Menyusun Rencana Kerja Pemerintahan Desa Kedungjati dalam Waktu 1 Tahun kedepan yakni Rencana Kerja Tahun 2020,Maka Pemerintahan Desa Melaksanakan Musyawarah Desa bersama BPD Kedungjati yang bertempat di Balai Desa Kedungjati.

RKP Desa adalah Rencana Kerja Pemerintah Desa, atau yang sering disingkat dengan RKPDes adalah dokumen perencanaan desa untuk 1 tahun kedepan.

Prinsip adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang/ kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak. Sebuah prinsip merupakan roh dari sebuah perkembangan ataupun perubahan, dan merupakan akumulasi dari pengalaman ataupun pemaknaan oleh sebuah obyek atau subyek tertentu.

Dalam kontek penyusunan RKP Desa pentingkah prinsip dan tujuan? Sangat penting bagi pemerintah desa. Supaya pemerintah desa memiliki kerangka berpikir sistematis, terarah dan terukur dalam rangka mewujudkan masyarakat desa yang mandiri, sejahtera dan berkeadilan sosial.

 RKP Desa disusun dengan tahapan seperti berikut ini:

  1. Penyusunan perencanaan pembangunan desa melalui Musyawarah desa
  2. Pembentukan Tim Penyusun RKP Desa
  3. Pencermatan Pagu Indikatif Desa dan penyelarasan program kegiatan masuk ke desa
  4. Pencermatan ulang dokumen RPJMDes
  5. Penyusunan Rancangan RKP Desa
  6. Penyusunan RKP desa melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa
  7. Penetapan RKP Desa
  8. Perubahan RKP Desa
  9. Pengajuan daftar usulan RKP Des

Demikianlah langkah yang harus dilakukan desa dalam menyusun RKP Desa. Penyusunan ini adalah landasan yang akan menjadi pedoman pembangunan desa menuju cita-cita warga desa di bawah kepemimpinan kepala desa.


KATEGORI BERITA

Photo Gallery Slideshow