Category Archives: KESEHATAN

Rembuk Stunting Desa Kedungjati

Category : KESEHATAN

Kedungjati – diadakan acara Rembuk Stunting dalam rangka konvergensi pencegahan stunting dari Puskesmas Bukateja dan Kecamatan Bukateja.diacar tersebut dihadiri langsung camat Bukateja Drs.Harsono dengan didampingi kepala desa Suwondo S, .Pd. dihadiri pula TPID kecamatan dan perwakilan anggota posyandu Desa Kedungjati yang di aksanakan di Aula Balai Desa Kedungjati.

dalam acara rembuk satunting ini dibahas tentang mengenai penanganan stunting.apa itu stunting
stunting adalah suatu kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umur. Atau mudahnya, stunting adalah kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya.

Dari beberapa usulan dalam rembug stunting antara lain Penyuluhan stunting bagi orang tua anak stunting, Penyuluhan pendeteksian dini flek anak-anak, Penambahan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Posyandu.

Status Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak merupakan penentu Kualitas Sumber Daya Manusia. Status Gizi dan Kesehatan Ibu pada masa Pra Hamil, saat kehamilannya dan saat menyusui merupakan periode yang kritis atau yang kita kenal 1000 (seribu Hari) pertama kehidupan. Walaupun remaja putri secara eksplisit tidak disebutkan dalam 1000 HPK, namun status Gizi remaja putri atau pranikah memiliki kontribusi besar pada kesehatan dan keselamatan kehamilan serta kelahiran, apabila remaja putri menjadi Ibu. Periode 1000 hari pertama kehidupan ini merupakan periode yang sensitif karena akibat yang ditimbulkan terhadap bayi pada masa ini akan bersifat permanen. Dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh masalah gizi pada periode tersebut dalam jangka pendek adalah Terganggunya Perkembangan Otak, Kecerdasan, Gangguan Pertumbuhan Fisik, dan Gangguan Metabolisme dalam tubuh. Sedangkan dalam jangka Panjang akibat buruk yang dapat ditimbulkan adalah terjadinya Stunting, Menurunnya Kemampuan Kognitif dan Prestasi Belajar, Menurunnya Kekebalan Tubuh sehingga mudah sakit dan Resiko tinggi untuk munculnya penyakit Diabetes, Obesitas, Jantung, Kanker, Stroke dan Disabilitas pada Usia Tua, serta Kualitas kerja yang tidak Kompetitif yang berakibat pada rendahnya Produktivitas Ekonomi. Masalah Gizi merupakan masalah yang kompleks, tidak semata mata karena kurangnya asupan makanan. Banyak faktor yang menjadi penyebab masalah Gizi,baik langsung maupun tidak langsung.

Masalah Gizi secara langsung dipengaruhi oleh faktor Konsumsi Makanan dan Penyakit lnfeksi, keduanya merupakan faktor yang saling mempengaruhi. Sedangkan penyebab tidak langsungnya adalah Ketersediaan dan Pola Konsumsi Rumah Tangga, Kesehatan Lingkungan dan Pola Asuh. Daya beli yang cukup juga belum bisa mencerminkan Kecukupan asupan Gizi anggota keluarga dalam rumah tangga tanpa pengetahuan terhadap Makanan Bergizi Seimbang. Dalam rangka percepatan Perbaikan Gizi Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2013 tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi Yang Fokus Pada 1000 Hari Pertama Kelahiran. Data menunjukan Pravelensi Stunting 10 Tahun terakhir bahwa Stunting merupakan salah satu masalah Gizi terbesar pada Balita di Indonesia.


Pelantikan TP PKK Desa Kedungjati masa jabatan 2019 – 2025

Category : KESEHATAN

Pada Hari Senin 8 April 2019 Kepala Desa Kedungjati Suwondo,S .Pd. secara resmi melantik keanggotaan TP PKK(Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) dan sekaligus rapat konsultasi TP PKK Desa Kedungjati.

Ketua TP PKK Siti Jahiroh

dengan dilantinya PKK di desa Kedungjati


KATEGORI BERITA

Photo Gallery Slideshow