MUSDESUS Untuk Validasi Data Penerima BLT – DD

MUSDESUS Untuk Validasi Data Penerima BLT – DD

Category : PEMERINTAHAN

KEDUNGJATI 13/05/2020.Pemerintah Desa Kedungjati Bersama BPD melaksanakan Musyawarah Desa Khusus MUSDESUS untuk memvalidasi data calon penerima bantuan sosial BLT – DD Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa. yang diselenggarakan di Aula Balai Desa Kedungjati

Pelaksanaan musdessus digelar dengan protokol kesehatan dalam pencegahan pandemi covid-19 seperti peserta musyawarah yang hadir diwajibkan menggunakan masker,pengaturan jarak duduk sosial distencing ,pengecekan suhu badan sebelum memasuki ruangan.

Musyawarah Desa (Musdes) adalah forum permusyawaratan tertinggi di tingkat desa. Musdes sebagai forum yang mempertemukan seluruh elemen masyarakat untuk membahas dan mengambil keputusan atas hal atau isu strategis yang terjadi di desa ini merupakan amanat dari UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Pasal 54 ayat (1) UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa menyatakan Musyawarah Desa merupakan forum permusyawaratan yang diikuti oleh Badan Permusyawaratan Desa, Pemerintah Desa, dan unsur masyarakat desa untuk memusyawarahkan hal yang bersifat strategis dalam penyelenggaraan Pemerintahan desa. Hal bersifat strategis yang harus diputuskan melalui Musyawarah Desa yaitu penataan desa, perencanaan desa, kerjasama desa, rencana investasi yang masuk ke desa, pembentukan badan usaha milik Desa, penambahan dan pelepasan aset desa, serta kejadian luar biasa, maka desa akan rutin dan sering melaksanakan persidangan Musyawarah Desa.

Dalam rangka penanggulangan pandemi Covid–19 yang merupakan kejadian luar biasa ini, Musdes secara khusus atau Musdesus menjadi forum yang penting dalam memvalidasi calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa.

Sebelum dilaksanakannya MUSDESUS terlebih dahulu melaksanakan musdus (musyawarah dusun) disetiap wilayah dusun Desa Kedungjati.Pemerintah Desa bersama BPD (Permusyawaratan Desa) dan para Ketua RT bersama-sama mensinkronkan data dan validasi dengan tujuan tidak ada calon penerima yang ganda.

Dalam Musdesus tersebut BPD memberikan alasan dan tujuan diadakannya Musdesus tersebut dan Kepala Desa memberikan paparan tentang kondisi saat ini akibat terdampak Pandemi Covid–19

Dalam Musdesus tersebut BPD memberikan alasan dan tujuan diadakannya Musdesus tersebut dan Kepala Desa sekaligus sebagai ketua Relawan Covid–19 memberikan paparan tentang kondisi saat ini akibat terdampak Pandemi Covid–19.

Daftar penerima manfaat bansos Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT -DD) untuk masyarakat desa kedungjati mendapat bagian 198 Kepala Keluarga (KK) dan setiap wilayah RT masing-masing di Desa Kedungjati untuk dibagi 5 KK penerima manfaat.Penerima BLT Dana Desa sebesar Rp 600.000 selama 3 bulan.

Suwondo ,S.Pd. selaku Kepala Desa Kedungjati memaparkan “mengenai kriteria Calon Penerima BLT Dana Desa yaitu antara lain: Keluarga Miskin terdampak covid di pastikan warga setempat dan mempunyai KTP dan KK; Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun; Non Kartu pra kerja dari Disnakertran; Warga yang kehilangan mata pencaharian; Keluarga miskin yang belum terdata; Keluarga miskin non PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kemensos; dan Non penerima bantuan langsung tunai dari provinsi maupun kabupaten. 

pada akhir acara musdesus ketua BPD Syaiful Chaq secara resmi menyerahkan berita acara hasil pelaksanaan musdesus dalam rangka pencegahan dan penanganan covid-19 di Desa Kedungati,Kec.Bukateja,Kab.Purbalingga ke Kepala Desa Suwondo, S.Pd.


Leave a Reply

KATEGORI BERITA

Photo Gallery Slideshow